Gak Cuma Jepang! Ini Dia 8 Anime Terbaik Karya Anak Indonesia

Thursday, 10 December 2020-20:34 WIB, by Owibu Admin

owibu.com - Buat kamu penggemar berat anime, pastinya selalu mencari-cari anime terbaru dan terpopuler di situs download anime untuk ditonton saat waktu luang. Nah, jika mungkin selama ini kamu hanya menonton jajaran anime populer produksi luar negeri saja, maka mulai sekarang kamu harus coba tonton anime hasil karya anak bangsa. Ya, animasi dengan style anime buatan Indonesia.

Meskipun serial anime karya anak bangsa ini nggak sepopuler produksi luar negeri dan hanya bisa ditonton di platform YouTube saja, tapi kualitas grafis dan ceritanya nggak kalah bagus kok. Berikut adalah beberapa daftar rekomendasi anime terbaik buatan anak bangsa yang wajib kamu tonton.

1. Battle of Surabaya


Di posisi pertama ada Battle of Surabaya, ini mungkin yang paling terkenal dan juga sudah banyak yang tahu sebab sudah pernah tayang di channel tv nasional.

Battle of Surabaya mengambil latar belakang sejarah perjuangan bangsa Indonesia pada saat perang Surabaya 1945. Menceritakan tentang petualangan seorang anak bernama Musa, remaja tukang semir sepatu.

Tidak hanya sebagai tukang semir sepatu, Musa juga sebagai kurir yang ditugaskan untuk mengantar surat-surat rahasia pada para tentara dan milisi pejuang Indonesia, juga surat-surat pribadi para pejuang untuk keluarganya.

Dalam menjalankan tugasnya tersebut, Musa dibantu oleh sahabatnya, Yumna dan Danu.

Hebatnya, Battle of Surabaya dinobatkan sebagai film animasi terbaik di Milan International Filmmaker Festival 2017.

2. PDKT Animation


Animasi buatan bangsa kali ini bergenre romance yang menyoroti kisah sepasang kekasih bernama Derry dan Bella yang baru berpacaran selama 2 minggu.

Gregetnya di animasi ini adalah sosok cowok yang bernama Derry yang merupakan seorang playboy yang senang mempermainkan perasaan pacarnya tersebut.

Projek anime PDKT Animation ini dimulai pada September 2015 oleh seorang kreator asal Bekasi dengan sebutan NuLi.

Hebatnya, anime buatan anak Indonesia ini telah dilirik oleh salah studio animasi Amerika, Eternality Studios, untuk bekerja sama!

3. CHANGE!


Animasi singkat ini menceritakan tentang kisah kehidupan seorang karyawan minimarket BetaMart bernama Aditya Dika.

Change Shift diprodruksi oleh seorang anak bangsa bernama Muallim Hibaturrahman yang kemudian diupload di channel YouTube Mi Motion.

Selain Aditya Dika, serial Change Shift ini juga menampilkan tiga karakter lainnya yaitu Suci, Aisyah, dan Bani sebagai lawan main tokoh utamanya.

Sayangnya, anime menarik satu ini belum dilanjutkan karena beberapa kendala. Semoga tim Mi Motion segera kembali melanjutkannya.

4. Angel Dives


Nggak cuma CHANGE! Mi Motion Animation juga memproduksi serial lain yang berjudul Angel Dives. Serial ini bercerita tentang banyaknya manusia yang memiliki penyakit di dalam hatinya hingga berubah menjadi sesosok Arogym.

Arogym yaitu monster yang hanya mengikuti hawa nafsu, membawa kehancuran, dan membantai umat manusia. Sementara itu, Angel Dives dinilai sebagai orang-orang yang memiliki kekuatan malaikat dan dapat menghentikan sosok Arogym. Dari situlah kisah Angel Dives mengakhiri teror Arogym di muka bumi.

Sayang sekali, serial ini juga belum memiliki lanjutannya.

5. PaperPlane


Selanjutnya ada animasi singkat berjudul PaperPlane. PaperPlane merupakan animasi singkat dengan genre drama yang mengambil latar di kota Solo.

Animasi singkat ini dibuat oleh Aji Nugroho dan Bhyan Apriliyan, mengupas tentang bagaimana kehidupan zaman sekarang berlangsung dengan masyarakat yang hanya peduli dengan teknologi dan gadget.

Buat yang tertarik nonton, bisa langsung ketikkan PaperPlane Animation di youtube.

6. Sekotak Harapan


Sebuah animasi original karya mahasiswa Politeknik Negeri Pontianak yang mengisahkan tentang usaha keras seorang siswa untuk mencapai cita-citanya.

Animasi ini memiliki visual dan background yang bagus, sehingga cukup memiliki alasan kenapa kalian harus nonton.

Fakta menarik dari adalah tujuannya untuk lomba Gemastik 8, dibuat selama 3 bulan, oleh 13 orang dan 1 animator.

7. Vatalla - Sang Pelindung


Vatalla - Sang Pelindung adalah serial anime karya studio Kampoong Monster yang menceritakan lima remaja yaitu Vinetta, Jaka, Arya, Fionna, Yudha, dan seekor Siberian Husky bernama Wolfie yang tergabung dalam band ALIENS FIVE.

Kelima karakter tersebut menemukan sebilah keris purba yang di dalamnya bersemayam 5 roh gunung api yang konon menjaga sebuah legenda purba. Legenda tersebut mengisahkan sebuah dunia bernama Cyodyavalla yang sedang dilanda kehancuran.

Bertekat untuk menyelamatkan dunia Cyodyavalla, kelimanya justru terseret ke sebuah petualangan menegangkan dan berbahaya, yaitu mencari dan melindungi jantung dunia Cyodyavalla, geng.

Melibatkan 6 studio animasi berpengalaman, animator, illustrator, musisi, sineas, designer, dan profesi lainnya, anime Vatalla sukses ditayangkan di salah satu stasiun TV swasta yaitu Trans 7.

Kampoong Monster mengatakan serial ini sedang proses dibikin versi barunya yang dimulai dari komik.

8. Tikam Samurai


Anime dengan genre action ini sendiri dibuat oleh Radhian Rahim, Lilik Sumantoro, M Assarudin, dan kawan-kawan.

Ceritanya sendiri diadaptasi berdasarkan novel karya Makmur Hendrik dengan judul serupa yang menceritakan tentang seorang pemuda bernama Bungsu yang menjual negaranya hanya untuk mendapatkan uang agar bisa berjudi.

Hingga suatu ketika, segerombolan tentara penjajah Jepang membunuh semua keluarganya menggunakan pedang.

Saat peristiwa itu, ibunya berpesan agar Bungsu tak lagi berkhianat dan berhenti berjudi. Tikam Samurai mengambil latar di Minang saat penjajahan Jepang.

Nggak cuma sekadar jadi penggemar saja, nyatanya anak Indonesia juga mampu memproduksi serial anime sendiri. Dan itulah 8 rekomendasi animasi bergaya anime karya anak bangsa. Tahu judul animasi karya anak bangsa lain? Coba tulis judulnya di kolom komentar bawah!

Sumber: Admin Nara

Kali aja suka