Buntut Nama Kontroversial, China Hapus Serial Boku no Hero Academia

Thursday, 6 February 2020-08:42 WIB, by Owibu Admin

Owibu.com - Beberapa waktu lalu, salah satu nama penjahat dari serial manga My Hero Academia (Boku no Hero Academia) membuka kembali luka-luka di China yang menyebabkan manga dan video game serial itu ditarik. Sang author dari BNHA pun akan segera mengganti nama karakter tersebut saya Kouhei Horikoshi akan mengubah nama penjahat Daruma Ujiko setelah nama asli karakter itu terungkap sebagai referensi kepada korban eksperimen manusia selama Perang Dunia II. Daruma Ujiko, yang terbukti terlibat dalam eksperimen manusia, nama lengkapnya terungkap dalam bab 259 sebagai "Maruta Shiga."

"Maruta" mengacu pada nama kode untuk eksperimen manusia yang dilakukan oleh Unit 731 Tentara Kekaisaran Jepang selama Perang Sino-Jepang Kedua dari Perang Dunia II. Orang Cina yang menjadi korban percobaan disebut "maruta," kata dalam bahasa Jepang untuk "kayu gelondongan" sebagai referensi ke fasilitas bahwa itu adalah pabrik kayu. Para korban, termasuk anak-anak, orang tua, wanita hamil, dan orang-orang cacat mental, sengaja terinfeksi penyakit, dibedah, dilobotomi, dan diamputasi saat masih hidup.

Daruma Ujiko alias Maruta Shiga via ANN

Buntut dari masalah ini, platform digital China yang menayangkan manga sekaligus anime Boku no Hero Academia seperti bilibli dan Tencent Digital Comic memutuskan menghapus seri tersebut. Sebelum dihapus, Boku no Hero Academi mendapatkan rating yang buruk yaitu sekitar 3,7 dari nilai 10 sebelumnya.

Sumber: ANN

Kali aja suka