Takut Kontroversi Dewa Siwa, Netflix India Hapus Anime The Record of Ragnarok

Sunday, 20 June 2021-14:05 WIB, by Owibu Admin

owibu.com - Serial anime bertema pertarungan dewa dan manusia yang diangkat dari manga karangan Shinya Umemura, Ajichika, dan Takumi Fukui dengan judul Record of Ragnarok atau (Shumatsu no Walkure) memang baru saja rilis beberapa hari yang lalu di saluran penyedia video Netflix. Namun, sejak perilisannya pada tanggal 17 Juni 2021 kemarin, anime ini sudah menuai berbagai macam kritik hingga kontroversi.

Terbaru, Netflix India memutuskan untuk menghapus anime Record of Ragnarok dari negara bermayoritas Hindu tersebut karena takut terjadi kontroversi dikalangan penonton. Hal itu dikarenakan salah satu karakter dewa yakni Dewa Shiva/Siwa dalam anime disebut-sebut tidak mencerminkan dan dinilai salah mengartikan ajaran-ajaran Hindu.


Bahkan sebelum dirilis, sempat terjadi penghapusan trailer lantaran menampilkan adegan dimana Shiva/Siwa sedang marah. Kini para penduduk India sudah tidak bisa lagi menikmati anime Record of Ragnarok melalui Netflix karena sudah dihapus dan tak akan tersedia di negara itu.

Sebelumnya, kontroversi lain juga muncul dimana para penonton mengkritik kualitas animasi yang dibuat studio Graphinica tersebut buruk karena dinilai tak sesuai dengan manganya. Masao Ookubo bertanggung jawab sebagai sutradara sedangkan Kazuyuki Fudeyasu akan mengurus komposisi seri ceritanya. Manga Shuumatsu no Valkyrie pertama kali diterbitkan oleh Shinya Umemura pada bulan November 2017 lalu di majalah Comic Zenon. Volume ke-10 dari seri ini juga diterbitkan pada tanggal 18 Maret kemarin.


Genre: Action, Drama, Super Power, Supernatural, Seinen

Sinopsis:

Jauh di atas alam manusia, para dewa dunia telah berkumpul untuk memutuskan satu masalah: kelangsungan keberadaan umat manusia. Di bawah kepala Zeus, dewa-dewa Yunani Kuno, mitologi Norse, dan Hindu, antara lain, mengadakan pertemuan setiap seribu tahun untuk menentukan nasib umat manusia. Karena pelecehan yang tak henti-hentinya terhadap satu sama lain dan planet ini, kali ini para dewa dengan suara bulat mendukung pengakhiran umat manusia.

Tapi sebelum mandat disahkan, Brunhild, salah satu dari 13 demigod Valkyrie, mengajukan proposal alternatif: daripada memusnahkan umat manusia secara antiklimaks, mengapa tidak memberi mereka kesempatan bertarung dan memberlakukan Ragnarök, pertarungan satu lawan satu antara manusia dan dewa? Didorong oleh keberanian tantangan, dewan ilahi dengan cepat menerima, sepenuhnya yakin bahwa kontes ini akan menampilkan kekuatan para dewa. Untuk mendapat kesempatan melawan surga yang perkasa, Brunhild perlu mengumpulkan individu-individu terhebat dalam sejarah, jika tidak, lonceng kematian pasti akan dibunyikan untuk umat manusia.

Sumber: Republicworld.com

Kali aja suka