Sediakan Situs Baca Manga Ilegal, Pria Ini Dihukum 3 Tahun Penjara

Thursday, 3 June 2021-16:23 WIB, by Owibu Admin

owibu.com - Seorang pria bernama Romi Hoshino alias Zakay Romi pemilik dari situs baca manga ilegal yakni Mangamura baru baru ini resmi divonis 3 tahun penjara karena pelanggaran hak cipta yang dilakukannya tersebut. Sebelumnya, Romi mengelola situs Mangamura bersama beberapa rekannya sebelum akhirnya ditangkap oleh pihak kepolisian Jepang pada tahun 2019 lalu di Bandara Internasional Ninoy Aquino (NAIA) Filipina.


Selain hukuman penjara, Romi juga diwajibkan untuk membayar denda sebesar 72 juta yen (9,3 miliar rupiah) yang hasil hitungan dari denda pokok 10 juta Yen serta 63 juta Yen hasil pendapatannya selama mengelola situs baca manga ilegal Mangamura.

Menanggapi informasi penetapan vonis hukuman, Shueisha selaku penerbit sejumlah manga yang juga dibajak oleh Mangamura memberikan penjelasan bahwa hukuman seperti ini diperlukan dan berharap keputusan tersebut akan menimbulkan efek jera bagi pelakunya dan pelaku lain.


Mangamura pertama kali dirilis pada tahun 2016 lalu dan Romi Hoshino berperan sebagai pemilik dan manajer dari situs ilegal tersebut. Pada tahun 2018 pihak kepolisian Jepang mulai mengawasi situs Mangamura atas laporan dari sejumlah penerbit seperti Kadokawa, Shueisha, Kodansha, Shogakukan dan Square Enix.

Dari data yang dikumpulkan Asosiasi Distribusi Konten Luar Negeri (CODA) milik Jepang. Mangamura telah membuat kerugian senilai 319,2 milyar Yen sepanjang situs itu berdiri dan menjadi pelanggaran hak cipta paling besar di Jepang.

Sumber: Asahi News

Kali aja suka