Mengulas Studio Trigger dan Kepopulerannya di Luar Jepang

Friday, 30 April 2021-20:18 WIB, by Owibu Admin

owibu.com - Pernah dengar studio Trigger? Mungkin beberapa dari kalian pernah mendengarnya karena studio ini mengambil tugas juga dalam produksi anime kesayangan kalian, Darling in the Franxx. Sebenarnya anime tersebut bukan sepenuhnya buatan studio Trigger, jadi kita kesampingkan dulu.

Anime adalah penyebutan untuk animasi buatan Jepang yang juga ditayangkan untuk penduduk sana tentu saja. Tapi tahukah kamu, ternyata ada studio anime asal Jepang yang membuat anime dengan target pasar wibu di luar Jepang, lebih tepatnya wibu barat atau bule. Ada studio seperti itu, namanya adalah studio Trigger.

Studio yang hampir seluruh anime buatannya bersumber original ini memiliki target pasar wibu luar Jepang. Dengan ciri khas animasinya yang bening, halus, dan banyak warna serta komedinya yang bisa dimengerti banyak orang, target studio Trigger sampai ke luar Jepang.

Kita ambil contoh anime mereka yang tidak terlalu populer di Jepang, namun sangat populer di luar Jepang. Contohnya ada Kill la Kill, Little Witch Academia, Brand New Animal, dll. Pertama mari kita berkenalan dengan studio Trigger sedikit karena ada yang salah paham kalau studio ini yang memproduksi Guren Lagann.

Studio Trigger adalah studio animasi Jepang yang didirikan oleh mantan pegawai Gainax (Hiroyuki Imaishi dan Masahiko Otsuka) pada Agustus 2011. Hiroyuki, sutradara Guren Lagann, bersama dengan staf-staf lainnya, meninggalkan Gainax dikarenakan dia tidak lagi bebas membuat judul-judul orisinil di studio tersebut.

Kembali ke topik tentang 'populernya Trigger di luar Jepang'. Tahun lalu, ada pengumuman mengenai adaptasi anime berjudul Cynerpunk: Edgerunners. Anime bertipe ONA dan bergenre Sci-fi ini akan dianimasikan oleh studio Trigger dengan sebanyak 10 eps dan mulai tayang tahun 2022.



Oh iya, dari 33 judul anime yang sudah dibuat studio Trigger, hampir semuanya adalah anime original. Tadi aku sempat menghitungnya dan mendapatkan fakta bahwa hanya ada 2 anime diadaptasi dari LN, 1 dari novel, 3 dari game, dan 1 dari manga. Sisanya adalah original. Keren, kan?

Ngomong-ngomong tentang anime original dari studio ini yang paling populer adalah Kill la Kill. Anime ini dan MC-nya si Ryuko sangat terkenal dikalangan wibu luar negeri. Bisa dilihat betapa banyaknya orang yang ngewaifuin dia, fanart yang ada di mana-mana, meme, parody, hingga cosplay.


Tidak hanya Kill la Kill, Little Witch Academia juga mengalami hal yang sama. Namun, yang paling terkenal dari anime ini adalah meme legend karakter yang terlempar ke pintu lalu mengetuk sambil berkata 'Sumimasen!'. Karakter itu adalah Akko, MC anime ini. Dan hal lain yang paling populer dari Little Witch Academia adalah fanart & doujinshi 'yuri' Akko x Diana. Hehe tentu aku tau.

Anime-anime lain dari studio Trigger lainnya juga terkenal dengan cara yang sama seperti kedua anime di atas. Itulah sedikit pembahasan tentang studio anime dari Jepang yang mempunyai target pasar para wibu di luar Jepang. Next bahas studio unik apa lagi, ya?

Sumber: Admin Nara

Kali aja suka